• Gramatika, Volume VIII, Nomor 2, Juli--Desember 2020
    Vol 8 No 2 (2020)

    Redaksi bersyukur kepada Allah swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika, Volume VIII, Nomor 2, Juli—Desember 2020 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra.

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang terdiri atas lima artikel kebahasaan dan tiga artikel kesastraan. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, mitra bestari, penyunting, dan penulis, serta pihak terkait lainnya.

    Gramatika Volume VIII, Nomor 2, Juli—Desember 2020 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini di masa mendatang.

  • Gramatika, Volume VIII, Nomor 1, Januari--Juni 2020
    Vol 8 No 1 (2020)

    Redaksi bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume VIII, Nomor 1, Januari—Juni 2020 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra.

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan pengiriman pertama makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

    Gramatika Volume VIII, Nomor 1, Januari—Juni 2020 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini di masa mendatang.

  • Gramatika, Volume VII, Nomor 1, Januari--Juni 2019
    Vol 7 No 1 (2019)

    Redaksi bersyukur kepada Allah swt. karena atas rahmat-Nya Gramatika, Volume VII, Nomor 1, Januari—Juni 2019 ini dapat diterbitkan. Tujuan penerbitan jurnal itu untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan agar diketahui oleh masyarakat terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Penerbitan tersebut pun merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

    Terbitan kali ini memuat delapan artikel, tiga artikel mengenai sastra dan lima artikel membahas masalah bahasa. Yohanes Adhi Satiyoko, salah satu kajian sastra, mengkaji pesan moral dalam cerpen “Jenengku: Asu” karya Krisna Miharja. Dalam penelitiannya tersebut, ia menemukan pesan penting dalam pepatah Jawa “aja rumangsa bisa, nanging bisaa rumangsa” yang ternyata merupakan seruan preventif dalam konteks kearifan lokal Jawa untuk menakar ambisi atau keinginan diri supaya empan papan (tahu diri di tempat yang didatangi, menyesuaikan diri dengan suasana yang ada), waktu, kebutuhan, dan suasana. Dalam konteks bagi mereka yang berambisi menjadi pemimpin, ajakan wawas diri itu supaya introspeksi diri terlebih dahulu, jujur terhadap kemampuan, dan keinginan mereka sebelum mencoba meraih posisi atau kedudukan tertentu. Di lain hal, kajian bahasa, terdapat dua penelitian yang sama-sama melibatkan nyong Ambon.

    Kami berharap Gramatika akan lebih bermutu dan bermanfaat bagi pembaca terutama peneliti/pemerhati bahasa dan sastra. Selamat membaca.

  • Gramatika, Volume VI, Nomor 2, Juli--Desember 2018
    Vol 6 No 2 (2018)

    Redaksi bersyukur kepada Allah swt. karena atas rahmat-Nya Gramatika, Volume VI, Nomor 2, Juli—Desember 2018 ini dapat diterbitkan. Tujuan penerbitan jurnal itu untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan agar diketahui oleh masyarakat terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Penerbitan tersebut pun merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

    Gramatika telah memulai penilaian dan pemublikasian menggunakan aplikasi open journal system (OJS). Segala proses tersebut dilakukan dan dapat diakses dalam laman kami: gramatika.kemdikbud.go.id. Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah: dua dalam bidang kesastraan dan enam dalam bidang kebahasaan. Ada catatan penting pada terbitan kali ini. Redaksi Gramatika tidak menoleransi segala bentuk (1) fabrikasi, (2) falsifikasi, (3) plagiasi, (4) duplikasi, (5) fragmentasi/salami, dan/atau (6) pelanggaran hak cipta data/isi. Selain itu, kami pun akan menandai nama penulis yang secara terang mengirimkan artikel ke jurnal lain (double submit) tanpa sepengetahuan redaksi.

    Kami juga mengucapkan syukur atas terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor: 30/E/KPT/2018 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 2 Tahun 2018, yang menyatakan bahwa Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah Terakreditasi Peringkat 4.

    Atas capaian tersebut, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dr. Syarifuddin, M.Hum (Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara), Drs. Songgo Siruah, M.Pd., Prof. Dr. Dendy Sugono, Dr. Sugiyono (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), Prof. Dr. Tadjuddin Maknun, S.U. (Universitas Hasanuddin, Makassar), Prof. Amrin Saragih, Ph.D., M.A. (Universitas Negeri Medan, Medan), Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim, M.Si. (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), Prof. Dr. Maria Immaculatus Djoko Marihandono, S.S., M.Si. (Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia), Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. (Balai Bahasa Jawa Tengah), Dr. Mariana Lewier, S.S., M.Hum. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pattimura), Dr. Burhanuddin, M.Hum. (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram), Dr. Sastri Sunarti (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), alm. Dr. Jumahir Jamulia, S.Pd., M.Pd. (Institut Agama Islam Negeri Ternate), Drs. Imam Budi Utomo, M.Hum. (Kantor Bahasa Kalimantan Selatan), Drs. Zainuddin Hakim, M.Hum. (Balai Bahasa Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat), Drs. Haruddin, M.Hum. (Kantor Bahasa Kalimantan Tengah), Sutisno Adam, S.S., M.Hum. (Universitas Khairun, Ternate), Heksa Biopsi Puji Hastuti, S.S., M.Hum. (Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara), Rudi S. Tawari, S.S., M.Hum. (Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Khairun), Nurfani, S.S., M.A. (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun), Mujahid Taha, S.S. (Kantor Bahasa Maluku Utara), Fida Febriningsih, S.S. (Kantor Bahasa Maluku Utara), Noormala, S.Pd. (Kantor Bahasa Maluku Utara), dan para penulis, serta pihak lainnya yang terlibat dalam pengelolaan Gramatika mulai tahun 2013 hingga sekarang. Kami berharap Gramatika akan lebih bermutu dan bermanfaat bagi pembaca terutama peneliti/pemerhati bahasa dan sastra.

  • Gramatika, Volume VI, Nomor 1, Januari--Juni 2018
    Vol 6 No 1 (2018)

    Redaksi bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume VI, Nomor 1, Januari--Juni 2018 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

    Gramatika Volume VI, Nomor 1, Januari--Juni 2018 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Selain itu, kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini ke depan.

  • Gramatika, Volume V, Nomor 2, Juli--Desember 2017
    Vol 5 No 2 (2017)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume V, Nomor 2, Juli—Desember 2017 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

    Gramatika Volume V, Nomor 2, Juli—Desember 2017 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Selain itu, kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini ke depan.

  • Gramatika, Volume V, Nomor 1, Januari--Juni 2017
    Vol 5 No 1 (2017)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume V, Nomor 1, Januari—Juni 2017 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan. 

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

    Gramatika Volume V, Nomor 1, Januari—Juni 2017 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Selain itu, kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini ke depan.

  • Gramatika, Volume IV, Nomor 2, Juli--Desember 2016
    Vol 4 No 2 (2016)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume IV, Nomor 2, Juli—Desember 2016 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan. 

    Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

  • Gramatika, Volume IV, Nomor 1, Januari--Juni 2016
    Vol 4 No 1 (2016)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume IV, Nomor 1, Januari—Juni 2016 ini dapat diterbitkan sesuai dengan jadwal. Edisi ini memuat delapan makalah. Dua di antaranya mengenai sastra lisan. Dalam tulisannya, Mustafa membahas mengenai karakter-karakter yang tercermin dalam karya pappaseng tomatoa pada masyarakat Bugis. Sementara itu, Masayu Gay mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam sastra lisan Ternate, salah satunya dalam dola bololo

    Jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Provinsi Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan wujud salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

  • Gramatika, Volume III, Nomor 2, Juli--Desember 2015
    Vol 3 No 2 (2015)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume III, Nomor 2, Juli—Desember 2015 ini dapat diterbitkan sesuai dengan jadwal. Edisi ini memuat delapan makalah yang terdiri atas lima artikel bahasa dan tiga artikel sastra. Salah satu makalah yang dimuat dalam edisi ini adalah Perkembangan Fiksi Ilmiah Karya Pengarang Indonesia Tahun 1980-an dan 2000-an. Makalah tersebut ditulis oleh Fitri Merawati dari Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Urutan makalah dalam jurnal ini disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis.

  • Gramatika, Volume III, Nomor 1, Januari--Juni 2015
    Vol 3 No 1 (2015)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume III, Nomor 1, Januari—Juni 2015 ini dapat diterbitkan sesuai dengan jadwal. Edisi ini memuat delapan makalah yang terdiri atas lima makalah bahasa dan tiga makalah sastra. Salah satu makalah yang dimuat dalam edisi ini adalah Fonem Segmental Bahasa Kanum Barkari. Makalah tersebut ditulis oleh Siti Masitha Iribaram dari Balai Bahasa Papua dan Papua Barat. Urutan makalah dalam jurnal ini disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis.

  • Gramatika, Volume II, Nomor 2, Juli--Desember 2014
    Vol 2 No 2 (2014)

    Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume II, Nomor 2, Juli—Desember 2014 ini dapat diterbitkan sesuai dengan jadwal. Edisi  ini memuat delapan makalah yang terdiri atas lima makalah bahasa dan tiga makalah sastra. Salah satu makalah yang dimuat dalam edisi ini adalah Resistansi  dan Model Resistansi dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqy. Makalah tersebut ditulis oleh Wildan dari Universitas Khairun Ternate. Urutan makalah dalam jurnal ini disusun berdasarkan waktu penerimaan dan perbaikannya. Jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Provinsi Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan wujud salah satu misi Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

  • Gramatika, Volume II, Nomor 1, Januari--Juni 2014
    Vol 2 No 1 (2014)

    Dalam edisi ini, kami memuat delapan makalah yang terdiri atas lima makalah bahasa dan tiga makalah sastra. Salah satu makalah tersebut berjudul “Korelasi Bahasa Daerah, Kesenian, dan Pariwisata: Kajian Integratif terhadap Bahasa Aceh” karya Drs. Teguh Santoso, M.Hum. dari Balai Bahasa Provinsi Banda Aceh. Jurnal ini diterbitkan untuk mempublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan baik di Provinsi Maluku Utara maupun di provinsi lain di Indonesia agar diketahui oleh pihak-pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Penerbitan ini merupakan salah wujud misi Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara, yakni meningkatkan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

  • Gramatika, Volume I, Nomor 2, Juli--Desember 2013
    Vol 1 No 2 (2013)

    Jurnal Gramatika Volume I, Nomor 2, Juli—Desember 2013 ini memuat sepuluh makalah yang terdiri
    atas enam makalah bahasa dan empat makalah sastra. Salah makalah sastra berjudul “Citraan dalam Puisi Daerah Sulawesi Selatan” karya Murmahyati dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan.
    Jurnal Gramatika diterbitkan untuk mempublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan dari berbagai daerah di Indonesia agar diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat terutama siswa, mahasiswa, dan akademisi. Makalah dalam Jurnal Gramatika edisi Desember 2013 disusun sesuai dengan waktu penerimaan dan perbaikannya.

  • Gramatika, Volume I, Nomor 1, Januari--Juni 2013
    Vol 1 No 1 (2013)

    Jurnal ilmiah Gramatika Volume I, Nomor 1, Juni 2013 ini memuat sembilan makalah yang telah diperiksa oleh tim mitra bestari dan tim penyunting. Urutan makalah dalam daftar isi disusun berdasarkan waktu penerimaan dan persetujuannya. Makalah ini membahas berbagai masalah kebahasaan dan kesastraan, baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah, dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu makalah yang dimuat dalam jurnal ini adalah “Gradasi Bahasa di Pulau Kenari: Sebuah Studi Leksikostatistik” karya Imelda.