Kami bersyukur kepada Allah Swt. karena atas rahmat-Nya jurnal Gramatika Volume V, Nomor 2, Juli—Desember 2017 ini dapat diterbitkan. Jurnal ini diterbitkan untuk memublikasikan hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan, baik di Maluku Utara maupun provinsi lain, agar diketahui oleh pihak terkait, terutama mahasiswa, guru, dosen, dan pemerhati bahasa dan sastra. Jurnal ini merupakan salah satu misi Kantor Bahasa Maluku Utara, yakni peningkatan mutu hasil penelitian kebahasaan dan kesastraan.

Edisi ini memuat delapan artikel ilmiah yang disusun berdasarkan waktu pengembalian revisi makalah dari penulis. Jurnal ini terbit atas bantuan banyak pihak. Oleh karena itu, redaksi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, para mitra bestari, para penyunting, dan para penulis, serta pihak terkait lainnya.

Gramatika Volume V, Nomor 2, Juli—Desember 2017 ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama pemerhati bahasa dan sastra. Selain itu, kami menerima saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca guna perbaikan mutu jurnal ini ke depan.

Articles

Characteristics of Segmental Phonemes of Ambonese Malay

Erniati Erniati

102--114 |

Bound Morpheme in Banjar Language

Rissari Yayuk

127--140 |

Consons in The Coloncucu Language

Fida Febriningsih

156--165 |

Functions of Oral Literature Banjar Tatangar

Hestiyana Hestiyana

166--177 |